Tuesday, June 10, 2008

It's Time to Coloring your Home

Diposting oleh anantasean di Tuesday, June 10, 2008

Saatnya mengubah warna cat ruangan Anda

Warna menjadi perhatian para desainer interior dan arsitek. Mereka tidak sembarangan menentukan sebuah warna yang akan diaplikasikan pada sebuah ruangan dan properti interior lainnya. Ada begitu banyak warna di dunia ini. Masing-masing memiliki arti tersendiri dan memberikan efek psikologis bagi si penggunanya. Untuk itu kita harus mengenal terlebih dahulu motivasi dari sebuah warna sebelum kita memilih warna cat yang akan digunakan untuk ruangan. Pilihlah yang sesuai dengan efek psikologis seperti apa yang ingin Anda dapatkan.

1.Merah
Memberi dampak dinamis, sensual, dan mewah. Cenderung mendatangkan energi, aktif, suasana hangat dan komunikatif, optimis, antusias, dan bersemangat. Warna merah juga dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Tapi jika warna merah mendominasi ruangan dapat merangsang kemarahan dan agresivitas.

2. Pink (Merah Muda)
Untuk Anda yang ingin mendapatkan atmosfir energi muda, ceria dan romantis, gunakan cat berwarna merah muda. Warna merah jambu (pink) simbol dari kasih sayang dan cinta. Sehingga menimbulkan kesan lembut dan menenangkan. Warna ini juga menggambarkan sifat kekanak-kanakan.

3. Kuning
Warna kuning memberi suasana kehangatan, bercahaya dan cerah dalam ruangan. Kuning mewakili matahari yang cerah, membangkitkan energi, mood dan vitalitas. Memperbaiki komunikasi, keberanian ekspresi diri, merangsang kemudahan berpikir secara logis dalam mendapatkan inspirasi dan meningkat kemampuan intelektual. Tapi warna kuning ini akan menimbulkan ketakutan jika salah aplikasi.

4. Orange
Warna orange memberikan efek energic, vit, ramah dan kreatif. Berkarakter mirip dengan warna merah tapi lebih feminin dan bersahabat. Warna ini melambangkan sosialisasi, penuh harapan, percaya diri, Dapat menimbulkan perasaan positif, senang, gembira dan optimis, penuh energi, bisa mengurangi depresi atau perasaan tertekan. Bila berlebihan justru akan merangsang perilaku hiperaktif.

4. Coklat
Jika kesan rustic, aman, kaya dan tahan lama yang ingin Anda dapatkan gunakan warna cokelat. Coklat, merupakan warna netral yang natural, hangat, rendah hati, melindungi stabil, menghadirkan kenyamanan, memberi kesan anggun dan elegan. Dapat memberi keyakinan dan rasa aman, warna yang akrab(familiar) dan menenangkan, bisa mendorong komitmen, namun juga bisa menjadi berat dan kaku bila lebih dominan.

5. Biru
Biru mengesankan sesuatu yang konstan, keharmonisan, kebenaran, ketenangan dan kesan lapang.
Pemakaian warna biru dapat menimbulkan perasaan tenang dan dingin, melahirkan perasaan sejuk, tenteram, hening dan damai, nyaman dan aman. Warna ini juga memiliki kesan etnik, antik, country-stye. Warna biru yang kuat dapat merangsang kemampuan intuitif. Tapi, terlalu banyak biru bisa menimbulkan kelesuan.

6.Hijau
Kesan alamiah dan segar dalam ruangan dapat Anda dapatkan jika menggunakan warna hijau. Ruangan Anda akan terasa lebih segar, tenang, dan sejuk. Jika emosi Anda kurang stabil gunakan warna ini dalam ruangan untuk menyeimbangkan emosi. Warna ini mendorong perasaan empati terhadap orang lain, meredakan stres, menyembuhkan, memberi rasa aman, dan perlindungan. Namun sayangnya hijau juga bisa menimbulkan perasaan terperangkap.

7. Ungu
Atmosfir spiritual, magis dan mistis dimiliki oleh warna ungu. Warna ini mampu menarik perhatian orang. Warna ini sensual, feminin, antik, anggun dan hangat. Ungu gelap dapat memancarkan kekuatan, menambah kemampuan intuisi, kemampuan imajinasi, kreatif, sensitif, memberi inspirasi,dan obsesif.

8.Putih
Putih memancarkan kesan orisinilitas, ringan, polos, tentram, nyaman, terang. Terlalu banyak warna putih bisa menimbulkan perasaan dingin, steril, kaku, dan terisolir.

9.Hitam
Hitam memancarkan kekuatan, misterius, klasik dan elegan. Hitam merupakan warna yang kuat, penuh percaya diri dan perlindungan. Hitam mencermikan kesan maskulin, elegan, megah, dramatis, dan misterius. Tapi hitam juga merupakan warna lambang duka dan dapat menimbulkan perasaan tertekan.

10. Abu-abu
Abu-abu, termasuk warna netral yang dapat menciptakan kesan serius, namun juga menentramkan dan menimbulkan perasaan damai. Kesan lain dari abu-abu antara lain adalah independen dan stabil, menciptakan keheningan dan kesan luas. Abu-abu juga terkesan dingin, kaku, dan tidak komunikatif.

Anda dapat memilih warna-warna tersebut sesuai dengan selera Anda. Anda juga dapat mengkombinasikan sekian banyak warna sehingga lebih variatif baik dari estetika maupun efek psikologis. Biarkan satu warna sebagai warna dominan, dan jadikan yang lainnya sebagai aksen atau warna pendukung. Jika ruang Anda sempit, hindari warna-warna gelap karena akan menimbulkan kesan semakin sempit dan menekan. Untuk mengakalinya gunakan warna-warna terang sehingga ruangan terkesan luas.

0 komentar:

 

nomadluvred Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review