Tuesday, March 1, 2011

MAAF, bukan pecinta musik sembarangan

Diposting oleh anantasean di Tuesday, March 01, 2011
hari ini surabaya mendung lagi. selalu begini setiap sore setiap hari but i love this grey color, anyway. kebetulan sekali, kantorku dibangun menganut gaya "autis" bukan modern bukan american tapi autism. soalnya nggak peduli diluar hujan deras petir menyambar-nyambar, di dalam kantor tetap aja nggak kedengaran apa-apa.

sebenarnya aku nggak mau membahas masalah keadaan kantorku sih tapi aku mau membahas lagu-lagu yang sekarang sering muncul di playlistku. akhir-akhir ini seneng banget dengerin lagu-lagu beatles seperti : yesterday, i want to hold your hand atau lagunya bee gees yang 'how deep is your love ?' atau lagu 'concrete and clay' punya unit 4+2 yaa pokoknya lagu-lagu jadul semacam itu lah.

mendengarkan lagu-lagu lama rasanya waktu berjalan lambat, ehm.. pikiran juga terasa santai. sebelumnya aku berpikir mungkin karena nadanya yang ringan atau liriknya yang sederhana, entahlah tapi some kind of magic ada di lagu-lagu lama itu. pernah nggak sih kepikiran mungkin kita hidup di era musik yang salah ?

musik bisa mempengaruhi kehidupan kita dan aku SANGAT percaya hal itu. sometimes, kalau kenalan sama orang yang baru kukenal, salah satu basa-basi yang tanpa sadar sering kuucapkan adalah "lagi suka dengerin lagu apa sekarang ?" terkadang tanpa sadar, aliran musik tertentu punya makna sendiri di pikiranku misalnya : JAZZ, berarti orang ini punya selera yang tinggi. KLASIK, waduh berarti nih manusia IQ-nya tinggi. ROCK, bau, slengek'an, nggak pernah mandi. POP, okelah most of people like it. MELAYU, *kabur secepat kilat :D

tapi bagiku bagian yang terpenting dari sebuah lagu sebetulnya pada liriknya. lagu bagus, lirik jelek, jadinya bosan. lagu jelek, lirik bagus(atau mungkin lebay), sakit telinga sakit otak. apalagi lagu jelek, lirik jelek lebay, bisa-bisa langsung koma 3 hari. jadi, musik itu harus pas, lirik, nada, semuanya harmonis. apalagi jika mampu membuat lirik yang 'menyentil' di hati.

lirik yang menyentil itu (buat aku) nggak perlu muluk, kadang justru hanya kata-kata sehari tapi penempatannya 'tepat'. setelah beberapa hari ini aku mendengarkan bermacam-macam lagu dan sesekali menulis kata-kata 'menyentil' itu di google buzz-ku biar nggak lupa, sekarang aku mau menjentrengkan kata-kata 'tepat sasaran' itu disini

1. andra and the backbone - hitamku

andai kudapat meyakinkanmu
kuhapus hitamku

(kok bisa sih kepikiran kata "hitam",it's genius)

2. beyonce - irreplace

so since i'm not your everything
how bout that i'll be nothing

('everything' yang langsung dikawinkan kata 'nothing', one of the best oxymoron i've ever heard)

3. rihanna feat neyo - hate that i love you

and i hate how much i love you boys
i can't stand how much i need you

(ini juga oxymoron yang keren, jeniuss!!)

4. beatles - yesterday

why she had to go
i don't know she wouldn't say
i said something wrong
now i long for yerterday

(liriknya sederhana banget kan tapi pemilihan katanya nggak sembarangan, kalau sembarangan sajak ab-ab nya nggak bakal terasa)

5. metalica - nothing else matter
never cared for what they do
never cared for what they know
but i know
(kalau ini, total artinya yang sangat dalam, nggak bisa ditulis harus dirasakan sendiri)

masih banyak lagu yang mau kubedah tapi kalau dijadikan satu posting seperti ini mungkin jadinya malah sepanjang novel nanti. untuk potongan lirik yang bagus-bagus setiap kali dapet, aku tulis di google buzz jadi tinggal follow aja google buzz ku, kalau mau ikut nimbrung lirik lagu bagus juga silahkan, it's pleasure to hear your voice...

xoxo,

nova

p.s mau teriak "akhirnya aku update blog jugaaaaaaaaaaaaa!!!!"

6 komentar:

bocah3dan said...

nih aku tambah

bukanlah cantikmu yang ku cari
Bukanlah itu yang aku nanti
Tetapi ketulusan hati yang abadi
Ku tahu mawar tak seindah dirimu
Awan tak seteduh tatapanmu tetapi
Ku tahu yang ku tunggu hanyalah senyummu


katanya si letto :P

anantasean said...

@andit :)

devie said...

gak tertarik Campursari? sing versi jadul, lirik2nya penuh makna. ;)

anantasean said...

@mas bambonk : taunya campur sari cuma didi kempot hihihi. contohnya campur sari jadul yg enak itu apa sam ?

cytra ciibawelkwekkwek said...

hummmmpp...

cytra ciibawelkwekkwek said...

adUh.
BarU Buat Blog Baru neh..
Smoga bsa DaPet Tmn BarU Ne...

 

nomadluvred Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review