Thursday, December 10, 2009

Day Tripper on Solo

Diposting oleh anantasean di Thursday, December 10, 2009
Dear friend,

Em, mulai mana ya ceritanya.. ah, dimulai dari permintaan Pindank a.k.a Fina, saudaraku yang mengejar cintanya eh cita-citanya jadi pns di kota Solo maka jadilah minggu lalu aku berangkat ke kota Solo.

Solo.....

Yang terbayangkan olehku pertama kali adalah Stasiun Balapan, seperti yang ada di lagunya Didi Kempot itu tuh tapi ternyata saudara-saudara kita turun di Stasiun yang lebih keren lagi namanya.. yaitu.. stasiun.. Solo JEBRES!

















Untungnya otakku gak ikutan jebres HAHAHA, gila namanya modern banget ya. Setelah itu kita langsung cabut ke hotel yang sudah ditunjukkan Dek Fina : Hotel Trio dengan harga yang sangat memadai. Yah meskipun niatnya kita mau liburan ala backpacker tapi masalah tidur kita tetep milih yang nyaman dong. Kalau tidur di sembarang tempat, contohnya di masjid keraton, bisa-bisa diserang tentara nyamuk atau tentara tanpa kepala (baca : tindien a.k.a mimpi buruk)

Sore itu langsung jalan-jalan keliling pasar gede dan daerah sekitar hotel. Satu hal yang berkesan soal kota Solo, kota ini mirip banget sama kota Malang cuma lebih sepi. Toko-toko kecil masih banyak buka di pinggiran jalan dan itu justru yang sangat menarik perhatian wisatawan seperti aku. Lain halnya seperti kota besar yang notabene masyarakatnya memilih untuk belanja di mall dengan alasan : efisien. Padahal kalau kita pikir lagi jalan-jalan sore - keluar masuk toko itu have fun juga loh selain itu juga sehat. Semoga toko-toko yang lovely itu tetep survive meskipun jika suatu hari nanti Solo akan kedatangan investor big giant strip mall.














>> panas-panas, kinclong-kinclong






Lanjut, besoknya kita jalan lagi - kali ini estafet dari Pasar Gede - PGS - Masjid Agung Keraton Solo - Pasar Klewer.

Di Pasar Gede kita nyobain dawet telasih yang ciamik dengan harga yang ciamik juga (sorry to say). Lanjut ke PGS belanja oleh-oleh baju batik dan lainnya. Lewat dhuhur kita mampir masjid keraton buat sholat dhuhur sambil leyeh-leyeh soalnya kepanasan dan terakhir mampir pasar Klewer, yang harga barang-barangnya bisa miring banget, kalo bisa nawar sih.

Habis puas jalan-jalan, waktunya pulang. Transportasi andalan dan favorit kita adalah becak. Selain murah juga menyenangkan. Tapi ternyata ada sedikit tragedi pas naik becak ini dan korbannya adalah pak becak itu sendiri. Entah kenapa setelah aku dan dek pina naik becak, jalan lima meter tiba-tiba terdengar bunyi "gluduk-gluduk-gluduk"
















"Pak, niki bane mboten bocor to ?" (pak, ini bannya nggak bocor : basa malang banget)
"Nggih, kadosipun bocor mbak... mboten nopo-nopo mbak alon-alon mawon" (iya kelihatannya bocor mbak... nggak papa pelan-pelan aja)

GILA! jauhnya pasar klewer sampek stasiun jebres tuh hampir sama jauhnya Plasa Royal sampek Tunjungan Plasa. Tapi mau gimana lagi, kalau bapaknya have fun ya kita nyantai aja tapi nggak tega juga ngelihat dia nggenjot becak masuk angin berkilo-kilo. Sepanjang jalan juga nggak ada tukang pompa lagi. Kasihhaaannnn banget sama bapak itu, semoga rejekinya lancar deh pak...

Then we going home dan sampai di Surabaya sekitar jam 1 pagi dan hari senin harus masuk kerja, males banget tapi meskipun hanya dengan tenaga 5 watt berangkat juga deh. But anyway there is nothing but fun in my mind. Makasih ya buat Dek Fina dan Mas Andri yang nemenin dan ngajak jalan-jalan. Ayo kapan kita kemana lagi... hahaha...

ps. lanjutan wisata kuliner plus pembahasan lengkap harga backpacker to de Solo, menyusul ya. tenang aja murah meriah kok ^_^

much love,

nova

5 komentar:

devie said...

jadi teringat rencan one day tripku ke Solo yang gagal di menit terakhir. :(

petir said...

potonya tambah lagi dunk nopp...
kapan2 kita berbackpack rame2 yuuk...

kemana gitu... yang penting murah meriah.. :D

@mas Devie: di menit terakhir.--> means ketinggalan kereta??? :D

anantasean said...

@ mas devie : hahaha... dari dulu prinsipku klo jalan2 nggak pernah direncanakan, klo rencana biasanya malah banyak gagalnya, just packing and go !

anantasean said...

@ rina : klo mau murah meriah, solo sangat bisa masuk list jenk - ayo kapan kita kemana ? :D

promolaris said...

mbak, selain hotel trio ada rekomendasi lain gak? t q. nambah lagi dong wisata kulinernya :)

 

nomadluvred Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review