Monday, December 21, 2009

Happy Mommy Day

Diposting oleh anantasean di Monday, December 21, 2009
dear friends,

Hari ini adalah hari Ibu, ayo sudah ada yang minta maaf sama ibu ?

Di agamaku, kami diajarkan kalau derajat seorang ibu tiga kali diatas ayah. Di sebuah riwayat diceritakan, Nabi menjawab nama "Ibu" tiga kali saat ada yang bertanya siapa orang yang harus dia hormati, baru kemudian ayah untuk nama keempat.

Jika ditanya seperti apa sosok ibu bagiku, aku akan menjawab : aku tak pernah merasa punya ibu. LOL. Karena memang ibuku tak pernah memperlakukan dirinya atau memperlakukan anaknya seperti kebanyakan ibu lain.

Dia lebih perhatian dari sahabat terbaik yang pernah kutemukan, dia lebih lucu dari pelawak terlucu manapun dan dia juga lebih bijak dari kyai sejuta umat sekalipun. Dia bisa berubah menakutkan melebihi naga juga bisa jadi sangat rapuh melebihi bayi.
Dia ahli negosiasi dan sangat keras kepala. dia juga tukang menawar yang handal. Dia bisa sangat kuat dan sangat rajin, etos kerjanya sangat bagus hahaha..

Ibuku seorang cancer dan dari buku yang kubaca, seorang ibu cancer bisa merasakan apa yang anaknya rasakan. Kurasa memang seperti itulah ibuku jadi berbahagialah kamu yang punya pasangan hidup rasi cancer.

Meskipun begitu, mungkin tak semua anak seberuntung aku. Dari tv atau koran bisa kita lihat banyak sekali tragedi ibu - anak yang kadang sama sekali nggak bisa diterima oleh nalar. Untuk orang seperti kita - tidak bisa, tapi keadaan mungkin membuat mereka - bisa, melakukan hal itu.

















Kebetulan minggu ini aku baru saja merampungkan membaca Novel Vanishing Act - Jodi Piccoult. I said to my self : FINALLYYY... soalnya hampir setengah tahun buku itu nganggur di lemari. Cerita tentang seorang ayah yang mencuri dan melarikan anaknya sendiri dari ibunya yang ternyata adalah seorang pemabuk.
Insting pertama : ayah macam apa yang tega mencuri anak dari ibunya sendiri tapi di novel ini kenyataan disuguhkan berbeda. Hal ini membalik pemikiran luas kita, hingga dirasa normal, kalau seorang anak mungkin lebih aman bersama ibu mereka, padahal ternyata ayah kadang bisa sejuta kali lebih baik.
Persidangan - polemik - intrik disajikan detail hingga rasanya hal itu benar-benar terjadi di kehidupan nyata. Jodi Piccoult - penulis yang juga seorang ibu ini memang punya taste yang hebat dan ramuan kata-katanya pas sekali. Tunggu.. aku jadi berpikir kenapa kebanyakan penulit hebat seorang ibu ya... sebut saja Jodi Piccoult, Anne Rice, J.K Rowling, Stephanie Meyer, Meg Cabot. Apa mungkin miracle seorang ibu punya chemistry tersendiri ?

Anyway, Selamat hari Ibu untuk semua ibu-ibu di dunia dan selamat juga untuk semua perempuan yang akan jadi bakal calon Ibu, including me :p

Happy Mommy Day,

Nova

2 komentar:

petirr said...

Selamat Hari Ibu, calon ibu....

^^;

anantasean said...

@ rina : selamat hari ibu juga jeng rina :)

 

nomadluvred Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review